Senin, 16 Mei 2016

Tutorial Streaming Youtube

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara streaming dengan menggunakan Youtube.
Cukup mudah akan tetapi memerlukan kestabilan layanan data internet.

Dibawah ini adalah langkah-langkahnya, akan tetapi sebelumnya temen-temen harus sudah memiliki akun Youtube terlebih dahulu karena disini saya tidak menjelaskan bagaimana cara membuat akun Youtubenya. Pasti temen-temen sudah pada punya akun Youtubnya kan?? wkwkwkwk... (penulis sotoy...)

Langsung aja berikut langkah-langkahnya :
1. Buka www.youtube.com

2. Klik pada gambar profil akun di pojok kanan atas. Kemudian klik Creator Studio.

3. Klik STREAMING LANGSUNG (tanda yang dikotak merah)

4. Klik streaming sekarang, lalu klik Memulai (blok biru yang ditengah layar)

5. Akan muncul verifikasi akun, pilih negara, dan pilih cara kode verifikasi yang akan di kirim oleh youtube menggunakan pesan saura atau sms. Disini saya menggunakan SMS untuk kode verifikasinya. Masukan no telepon yang akan dikirimi kode verifikasi. Pastikan nomor tersebut sedang aktif. Klik kirim.

6. Masukan kde verifikasi yang telah di kirim oleh youtube. Klik kirim.

7.  Setelah kode verifikasi dimasukan akan muncul notifikasi bahwa verifikasi tersebut telah sukses. Klik Lanjutkan.


8. Setelah itu akan muncul persyaratan dan ketentuan, silahkan temen-temen baca dan pelajari kemudian klik Saya Setuju.





9. Isi kolom-kolom info dasar mulai dari judul dan deskripsi dari streaming yang kita buat. Disini saya isi kolom Judul dengan "Streaming Pertama dari Reniyah" dan untuk deskripsinya saya isi "Ini adalah uji coba streaming dari Reniyah" pilih kategori sesuai keinginan.

10. Streaming sudah bisa dijalankan. Karena tidak ada perangkat camera pada PC saya, maka keterangan gambar diatas bertanda OFFLINE tetapi jika camera sudah terpasang streaming langsung dapat dilihat. Untuk melihat link atau URL Servernya scroll kebawah. Tampilan dibawah ini (yang dikotak merah) adalah link URL nya.






Selamat berstreaming ria.... :)


Jika temen-temen ingin upload hasil karya berupa video ke Youtube tanpa harus streaming berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Buka Youtube, kemudian klik Upload pada pojok kanan atas (lihat yang di kotak merah)

2. Akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian pilih kategori penayangannya. Publik untuk video yangkita upload dapat dilihat oleh siapa saja, Pribadi hanya bisa dilihat sendiri dan Tidak Tercantum untuk video upload-an kita yang masih ragu akan di publik apa di privat. Kemudian klik tanda paha besar diatasnya.

3.Pilih Video yang akan kita upload. Disini saya upload video hasil dari editan menggunakan Camtasia Studio. (Lihat tutorial sebelumnya). Klik open.





 Proses Upload sedang berlangsung
 4. Selagi proses upload berlangsung, isi judul dan deskripsi video. Jika video yang kita upload sudah berhasil. Klik Publikasikan.



5. Akan muncul link dari video yang kita upload di youtube.






6. Copy link tersebut untuk membuka videonya.

Proses selesai...
Gampang kan???

Berikut adalah hasil uploadnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar